Wednesday, May 4, 2016

Ingin Membuat Bunga Plastik Sendiri?

Butuh gadget baru?

Memiliki bunga plastik hias di dalam rumah memang menyenangkan. Akan tetapi bunga plastik tak harus diperoleh dengan cara membeli. Bagi mereka yang kreatif, mereka akan lebih memilih untuk membuat bunga plastiknya sendiri. 

Selain lebih bebas dalam menghasilkan bunga yang sesuai keinginan, cara ini juga cukup menghemat uang, terlebih jika bahan-bahan yang digunakan adalah bahan-bahan bekas. Bagi yang tertarik membuat bunga hias sendiri, berikut ini cara membuat bunga mawar plastik dari kantong plastik.


Siapkan Alat-Alat dan Bahan-Bahan yang Dibutuhkan
Sebelum mulai membuat bunga mawar dari kantong plastik, sebelumnya siapkan terlebih terlebih dahulu alat-alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan. Alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat bunga plastik diantaranya adalah gunting dan vas bunga. Sedangkan untuk bahan-bahannya, siapkan kantung plastik berwarna merah dan hijau, lidi atau kawat besi dan benang. Di sini pastikan untuk memilih kantong plastik yang tebal. Ini dilakukan untuk memudahkan proses pembuatan bunga plastik.

Membuat Pola Bunga Plastik
Setelah semua alat dan bahan yang dibutuhkan tersedia, bentangkan kantong plastik dan lipat beberapa kali agar lebih mudah dipotong. Gambar pola pada kantong plastik tersebut.

Berikutnya, gunting kantong plastik memanjang dengan lebar 4 sampai 5 cm. Potong kantong plastik tersebut menjadi beberapa bagian dan bentuk polanya. Setelah itu, lipat potongan-potongan pola tersebut. Agar lebih mudah, sebaiknya gunakan kantong plastik yang cukup tebal.


Menyatukan Pola yang telah Dibuat
Kini pola bunga plastik sudah jadi. Yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menyatukan pola-pola tersebut. Caranya cukup mudah. Gunakan benang untuk menyatukan semua pola tersebut.

Untuk memudahkan proses tersebut, gunakan jarum yang telah diikat benang untuk menyatukan semua pola bunga plastik secara bersilangan. Satukan pola-pola tersebut hingga mencapai panjang yang diinginkan. Selanjutnya, ikat kedua ujung benang.


Merangkai Ikatan Pola menjadi Bunga
Pola-pola bunga plastik telah selesai disatukan. Selanjutnya, kini tiba saatnya untuk menyusun ikatan-ikatan tersebut sehingga lebih berbentuk.

Diperlukan sentuhan artistik agar ikatan-ikatan pola tersebut tampak lebih hidup. Caranya adalah dengan melengkungkan kelopak yang terletak pada sisi paling atas sehingga tercipta bentuk yang menyerupai kuncup bunga. Lakukan cara yang sama pada bunga-bunga lainnya. Jangan lupa juga untuk merapikan susunan bunga tersebut.

Setelah mendapatkan beberapa bunga, selanjutnya tinggal disatukan dengan lidi atau kawat sebagai batangnya. Tambahkan pemanis berupa daun pada bagian sisinya. Selanjutnya, tinggal dimasukkan ke dalam vas bunga yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Kini bunga yang terbuat dari kantong plastik telah selesai dibuat. Bunga dari plastik buatan sendiri tersebut dapat ditempatkan dimana saja sesuai dengan keinginan. 

Bisa diletakkan di atas meja ruang tamu atau bahkan di meja kamar tidur. Kebebasan tersebut sepenuhnya menjadi milik sang pemilik rumah. Cara membuat bunga plastik ini juga bisa diadopsi untuk membuat bunga plastik jenis lain. Misalnya saja bunga plastik anggrek atau teratai. Akan tetapi, diperlukan penyesuaian pada pola.

Warna kantong plastik yang dipilih hendaknya juga disesuaikan dengan warna bunga yang sesungguhnya. Dengan mengetahui cara membuat bunga dari plastik, siapapun juga bisa memanfaatkan kemampuan ini untuk berwirausaha. Namun tentu saja, dibutuhkan kreativitas dan banyak percobaan agar bunga yang dibuat terlihat lebih menarik hati calon pembelinya.

Selengkapnya : http://dariplastik.com/cara-membuat-bunga-plastik/

No comments:

Post a Comment