Tuesday, May 24, 2016

Pulau Sampah Pasifik

Butuh gadget baru?

Serem.. Atau lebih tepatnya mengerikan. Produksi sampah berlebihan dari banyak negara berkumpul dan berserakan di lautan.. Banyak sampah mengapung dan kemudian berkumpul menjadi satu bagian. 

Pulau sampah yang biasa disebut Great Pacific Garbage Patch itu berada di antara Hawaii dan California. Terdiri dari lumpur dan sampah laut yang berputar dalam pusaran arus di Pasifik Utara. Ilmuwan percaya bahwa terdapat empat pusaran sampah yakni di Samudra Hindia, Atlantik Utara, Atlantik Selatan, dan Pasifik Selatan. 


The Great Pacific Garbage Patch, dikatakan sebagai  Sampah Vortex Pasifik, yang merupakan  pilin dari sampah laut di tengah Samudera Pasifik Utara (North Pacific Gyre) terletak kira-kira antara 135 ° sampai 155 ° W dan 35 ° ke 42 ° N .  Sampah meluas sampai ke sebuah wilayah yang sangat luas, dengan perkiraan mulai dari daerah ukuran negara bagian Texas untuk satu lebih besar dari daratan Amerika Serikat, namun ukuran yang tepat tidak diketahui. Hal ini dapat dihubungkan dengan fakta bahwa tidak ada yang spesifik standar untuk menentukan batas-batas antara "normal" dan "tingginya" tingkat polusi dan apa yang merupakan bagian dari sampah itu sendiri.

Masihkah kita tutup mata dan cuek terhadap kondisi bumi ini? Sadarlah.. Wahai manusia!!

Source : 
- http://nationalgeographic.co.id/berita/2014/09/mengkhawatirkan-pulau-sampah-ancam-ekosistem-laut
- http://www.gadis.co.id/Aksi/Tumpukan+Sampah+di+Samudera+Pasifik
- http://xnews-hawkson-blogmisteri.blogspot.co.id/2010/09/intermezzo-sekilas-mengenai-great.html

No comments:

Post a Comment